cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 52 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018" : 52 Documents clear
PENGARUH STRATEGI WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITASISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN Dra. Rita, M.Pd.
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.425 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.736

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi What? so What? Now What? Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Medan. Populasi adalah siswa kelas X-8 yang berjumlah 31 orang, dan kelas x-9 MIA yang berjumlah 31 orang. Kelas x-8 MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas x-9 MIA sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrument yang digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi what? so what? now what? terhadap kemampuan menulis berita adalah tes penguasaan dengan menugaskan siswa untuk mampu menulis teks berita. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 78.39 sedangkan untuk kelas kontrol 72.58. dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Seteleh dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai dengan = 3.37. dikonsultasikan dengan  pada dk = 1.67. jadi  yaitu 3.37 1.67, sehingga diperoleh  (hipotesis nihil) ditolak, dan (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi What? so What? Now What? lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita, dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Pengaruh, Strategi What? so What? Now What? Menulis Berita.Abstract. This study aims to find out the effect of what strategies? so what? Now What? Towards News Writing Ability of Class X Students of SMA Negeri 2 Medan. The population is students of class X-8 totaling 31 people, and class X-9 MIA totaling 31 people. MIA class x-8 as an experimental class and MIA x-9 class as a control class. The method used in this study is quasi experiment method. Instrument used to determine the effect of what strategy? so what? now what? the ability to write news is a mastery test by assigning students to be able to write news texts. From the results of data processing, the average experimental class was 78.39 while for the control class 72.58. thus it can be said that the value of the experimental class is higher than the control class. After testing the hypothesis obtained the value with t = count = 3.37. consulted with t_tabel at dk = 1.67. so t_count t table is 3.37 1.67, so that H_0 (null hypothesis) is rejected, and H_a (alternative hypothesis) is accepted. Based on the data analysis, it can be concluded that the use of What? so what? Now What? more influential on the ability to write news texts, compared to conventional learning methods.Keywords: Influence, What Strategy? so what? Now What? Write News.
PENGARUH STRATEGI PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI SISWA KELAS X SMK YAYASAN PENDIDIKAN MULIA MEDAN Drs. Amaluddin, M.M.
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.221 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.731

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Strategi peer Lessons Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas X SMK Yayasan Pendidikan Mulia Medan.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Yayasan Pendidikan Mulia Medan sebanyak 120 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen (TKR1) dan 40 orang untuk kelas control (TKR2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata post tes pada kelas eksperimen sebesar 82,83 dengan standar devisa 8,36 dan standar error 1,32. sedangkan nilai rata-rata post tes pada kelas kontrol sebesar 69,18 dengan standar 10,17 dan standar error 1,61. Dari hasil rata-rata tersebut dilakukan uji perbedaan antara kelas eksperimen (menggunakan strategi perbelajaran peer lessons ) dengan kelas kontrol (menggunakan strategi pembelajaran grup to grup ). Dari hasil pengujian uji t diperoleh harga thitung = 6,413. Jika dibandingkan dengan ttabel pada dk= 78 yaitu sebesar 1,991. Maka nilai thitung ttabel atau 6,413 1,991, yang artinya bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran peer lessons terhadap kemampuan menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMK Yayasan Pendidikan Mulia Medan  teruji kebenarannya.Kata Kunci : Pengaruh, Strategi Peer Lessons, Menulis Paragraf Persuasi.Abstract. This study aims to explain the effect of peer Lessons Strategy on the Ability to Write Persuasion Paragraphs of Mulia Medan Education Vocational Class X Students. The population of this study were 120 students of Mulia Medan Education Foundation Vocational High School. Samples were taken randomly as many as 80 people, 40 people for the experimental class (TKR1) and 40 people for the control class (TKR2). The method used in this research is the experimental method. The calculation results obtained an average post test value in the experimental class of 82.83 with a foreign exchange standard of 8.36 and a standard error of 1.32. while the average post test score in the control class is 69.18 with a standard of 10.17 and a standard error of 1.61. From the average results, a difference test was carried out between the experimental classes (using peer lessons learning strategies) with the control class (using group to group learning strategies). From the results of the t-test, the price of t count = 6.413 is obtained. When compared with t table at dk = 78 that is equal to 1.991. Then the value of t count t table or 6.413 1.991, which means that the alternative hypothesis (ha) is accepted. Thus, the hypothesis which states that there is a significant influence on the peer lessons learning strategy on the ability to write persuasive paragraphs in Mulia Medan Education Class X Vocational High School students in the 2015/2016 Learning Year has been verified.Keyword: Effectivity, Peer Lessons, Writing Persuassive Paragraph 
PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR Asnawati Matondang
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.552 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.1215

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh  minat dan motivasi dengan prestasi belajar. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar karena bila siswa yang berminat terhadap sesuatu pelajaran akan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya. Minat belajar anak adalah suatu perhatian kesukaan (kecenderungan) untuk memperoleh prestasi belajar. Motivasi belajar adalah suatu faktor pendorong untuk berbuat sesuai dengan pengetahuan sehingga mendapatkan hasil prestasi belajar yang memuaskan. Oleh karena itu, tanda adanya motivasi belajar yang tinggi umumnya tinggi pula prestasi belajar matematikanya. Siswa yang mempunyai minat terhadap suatu pelajaran dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi umumnya tinggi pula prestasi belajar. Sebaliknya, siswa yang rendah motivasi belajar maka akan rendah pula prestasi belajar. Bila tingkat motivasi belajar siswa tinggi maka aka nada usaha yang optimal dari siswa tersebut untuk bagaimana mendapat atau menyerap materi pelajaran yang optimal.Kata Kunci : Pengaruh, Minat, Motivasi, Prestasi BelajarAbstract. This study aims to explain the influence of interest and motivation with learning achievement. Interest is very influential on learning because if students who are interested in a lesson will learn it seriously because there is an attraction for him. Children's learning interest is a favorite concern (tendency) to obtain learning achievement. Learning motivation is a motivating factor to act in accordance with knowledge so as to obtain satisfactory learning outcomes. Therefore, a sign of high learning motivation is generally high in mathematics learning achievement. Students who have an interest in a lesson and learn it seriously because there is an attraction for him. While students who have high learning motivation are generally high in learning achievement. Conversely, students who are low in learning motivation will also have low learning achievement. If the level of student motivation is high then there will be an optimal effort from the student to get or absorb optimal learning material.Keyword: Effectivity, Interest, Motivation, Learning Achievement
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH Dra. Deliani,M.Si
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.27 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.732

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tg. Morawa . Populasi adalah siswa kelas X SMA yang berjumlah 72 orang, sebagai sampel total dengan kategori kelas eksperimen 36 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen  X-1 dan kelas kontrol X-2 diberikan perlakuan pengajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan pengajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan hasil post-test diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil belajar siswa dalam menulis karangan argumentasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) memiliki nilai rata-rata 84,44. Hasil belajar siswa dalam menulis karangan argumentasi yang diajar dengan Model Pembelajaran Group Investigation memiliki nilai rata-rata 76,38. Berdasarkan hasil post-test diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dalam menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah, hal ini dibuktikan dari hasil pegujian hipotesis dimana thitung ttabel yaitu  6,5221,9895.Kata Kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition   (AIR), Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi.Abstract. This study was conducted to determine the effect of Auditory Learning Model, Intelectualy, Repetition (AIR) against the argument essay writing skills by the students of class X SMA Private Nurul Amaliyah Tg. Morawa Learning Year 2016/2017. The population is a class X SMA totaling 72 people, as the sample total by category experimental class of 36 students and the control class of 36 students. This research method is experimental method. The study involved two classes of experimental class X-1 and the control class X-2 was given treatment teaching essay writing arguments using Learning Model Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR), while the control group was treated teaching essay writing arguments using Learning Model Group Investigation. Based on the results of post-test results are as follows: The results of students in essay writing arguments using Auditory Learning Model, Intelectualy, Repetition (AIR) has an average value of 84.44. The results of students in essay writing argumentation taught by Learning Model Group Investigation has an average value of 76.38. Based on the results of post-test results are as follows: Student learning outcomes are taught using Learning Model Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) is higher than the learning outcomes of students taught using Learning Model Group Investigation in essay writing arguments in class X Private School Education Nurul Amaliyah mendenarkan tagun 2016/2017, it is evident from the results of test of hypothesis where thitung ttabel 6.522 1.9895.Keywords: Effects of Auditory Learning Model, Intellectually, Repetition (AIR), Arguments Essay Writing Ability.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASISSTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS CERITA RAKYAT OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI Tepu Sitepu
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.048 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.738

Abstract

Abstrak. Model pembelajaran Team Asissted Individualy (TAI) merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan meningkatkan interaksi antar siswa karena model pembelajaran ini merupakan kolaboratif antara pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individu. Dengan model pembelajaran ini siswa mampu berfikir dan memahami setiap peristiwa yang terjadi dalam menganalisis materi cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “Team Asissted Individualy (TAI)” dalam menganalisis cerita rakyat siswa kelas X yang berjumlah 67 siswa. Sampel yang berjumlah 67 siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas  eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode untuk melihat akibat atau pengaruh dari suatu perlakuan. Desain yang yang digunakan adalah Post-test only group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa test essay. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,59 dengan standar deviasi 11,82. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 64,20 dengan standar deviasi 12,18. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7,0953 selanjutnya di sesuaikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk= (n1+n2)-2 = (33+34)-2= 65, maka diperoleh taraf signifikan 0,05 = 1,99714 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel 7,0953 1,99714 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu menyatakan bahwa model pembelajaran Team Asissted Individualy (TAI) mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menganalisis cerita rakyat dibandingkan dengan model Talking Stick pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi .Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Team Asissted Individualy (TAI), Menganalisis Cerita Rakyat.Abstract. Team Learning model Asissted individualy (TAI) is a learning model that encourages students to learn more actively and increase interaction among students because this model is collaborative between cooperative learning with individual learning. With this model students are able to think and understand every event that happens in analyzing the material folklore. This study aims to determine whether there is influence learning model "Team Asissted individualy (TAI)" in analyzing folklore class X which amounted to 67 students. The sample of 67 students were divided into two groups: the experimental class and control class. The methods used were used in this study is the Post-test only group design. The research instrument used was a test essay. From the data processing obtained by the average value of the experimental class was 83,59 with a standard deviation of 11,82. While the average value of the control class was 64,20 with a standard deviation of 12,18. Thus it can be said that the average value of the experimental class is higher than the control class. Hypothesis testing is done with a 't' test. After testing the hypothesis obtained t = 7,0953 further adjusted by ttable at significant level of 0.05 with df = (n1 + n2) -2 = (33 + 34) -2 = 65, then obtained a significant level of 0.05 = 1.99714 (with interpolation). Then compared between tcount with ttabel 7,0953 1.99714 so that it can be concluded that Ha received which stated that the learning model Asissted individualy Team (TAI) have an influence in improving students' ability to analyze folklore than model Talking Stick in class X SMA 3 Tebing Tinggi Learning Year 2016/2017.Keywords: Effects of Learning Model Team Asissted individualy (TAI), Analyze The Story.
UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI ALAT PERAGA GAMBAR DAN KARTU HURUF BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 023898 KOTA BINJAI Dra. Masriani
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.338 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.733

Abstract

Abstrak. Sebagai upaya tindak lanjut pemberdayaan kualitas belajar mengajar, tulisan ini mempelajari berbagai metode mengajar yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Salah satu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia  adalah metode Gambar. Metode ini menyajikan bagaimana melatih siswa bekerja dengan timnya secara aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 023898 Binjai Timur. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan berbasis Gambar memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (50%), siklus II (100%). Penerapan metode metode Gambar mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil tes siklus siswa, rata-rata jawaban siswa menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam pembelajaran dengan menggunakan metode gambar sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar dapat dicapai.Kata Kunci: Hasil Belajar, Gambar, Bahasa Indonesia Abstract. As As a follow-up effort to empower the quality of teaching and learning, this paper studies the various teaching methods that are appropriate for subsequent learning. One method that is often used in Indonesian language learning is the Image method. This method presents how to train students to work with their teams actively. The formulation of the problem in this study is the use of the Image method that can improve student learning outcomes in learning Indonesian in class I SD Negeri 023898 Binjai Timur. From the results of learning activities that have been carried out for two cycles, and based on the entire discussion and analysis that has been carried out can be summarized as follows: Picture-based learning has a positive impact in improving student learning outcomes which are characterized by increased student learning completeness in each cycle, namely the cycle I (50%), cycle II (100%). The application of the Image method method has a positive influence, which can improve student learning outcomes and motivation as indicated by student cycle test results, the average student answer shows that students succeed in learning by using drawing methods so that they become motivated to learn so that learning outcomes can be achieved .Keywords: Learning Outcomes, Pictures, Indonesian Language
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS XI SMA PAB 9 PATUMBAK DELI SERDANG Nila Safina
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.743 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.734

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model mind map terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMA Swasta PAB 9 Patumbak Kabupaten Deliserdang . Populasi adalah siswa kelas XI IPA 1 Yang berjumlah 30 orang, dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 30 orang. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode post-test only design group. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model mind map terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi adalah tes penguasaan dengan ditugaskan siswa untuk mampu menulis karangan deskripsi. Dari  hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 77,33 sedangkan untuk kelas kontrol 68,17. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai dengan rumus =  = 6,1. Dikonsultasikan  pada dk = 58 = 2,002. Jadi     yaitu 6,12,002, sehingga diperoleh  (hipotesis nihil) ditolak, dan  (hipotesis alternatif) diterimah. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind map lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi, dibandingkan dengan teknik ekspositori.Kata Kunci: Pengaruh, Model Mind Map, Menulis Karangan DeskripsiAbstract. This study was conducted to determine the effect of Mind Mapp Model for  the description writing skills by the students of class XI SMA Swasta PAB 9 Patumbak Kabupaten Deli Serdang for 2014/2015 educatioal periode. The population is XI  of 1st  science class totally 30 peoples as experimental class and 36 peoples as the control class. This research method is experimental method is post-test only design group.the instrument has been used to know the effectivity of using mind map method for description text writing skills is be take work for student tobe can to writing the description text. Based on the results of the experimental class has an average value of 77.33 but of the control class has an average value 68.17. Based on the results has to be predicted is the value of experimental class higher than control class. After take the t test has a value with :  =  = 6,1. Consulted by  on dk = 58 = 2,002. so     yaitu 6,12,002,  so has a result  (zonk hypotesis) is failed, and  (alternative hypotesis) is accepted. Based on the analysis data can to be conclussed is the using Mind Map Model is very effective than Expository Tecnich for description text eriting skills. Keywords: Effectivity, Mind Map Model, Description Text Writing
PENGARUH MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK PAB 3 MEDAN ESTATE Rika Kartika
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.474 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.735

Abstract

Abstrak. Model Problem Centered Learning merupakan model pembelajaran yang memerlukan proses berpikir, berkomunikasi, mencari, dan mengelola data. Artinya, siswa diajak untuk mampu berpikir kreatif untuk memecahkan sebuah permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “Problem Centered Learning” dalam menulis puisi siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi adalah siswa kelas X yang berjumlah 80 orang, sebagai total sampling sebanyak 80 orang dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu  kelompok kelas kontrol dan kelompok eksperimen. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode two group design post-test. Instrumen yang digunakan adalah esay tes atau tes tertulis yaitu menulis puisi dengan diberikan satu sub topik atau satu permasalahan. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 76,87 dengan standar deviasi 9,90, sedangkan kelas kontrol 56 dengan standar deviasi 8,15. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 10,33 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk =( n1+n2) – 2 = (40+40 – 2) = 78, maka diperoleh taraf signifikan 5% = 1,982 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung ttabel 10,33 1,982 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu menyatakan bahwa model Problem Centered Learning mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dibandingkan dengan model Enquiry-Discovery Learning pada siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate.Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Centered Learning), Menulis puisiAbstract. Abstract. Problem Centered Learning Model is the learning model is using thinking procces, communication, searching, dan collect data. The definition is student persuassed to be can think creative for resolve a problem. This research conducted to determine the effect of Problem Centered Learning on poetry writing skill student at X class SMA PAB 3 of Medan City in 2014/1015 education period.  The population is a class X SMA totaling 80 peoples, as the sample totally 80 peoples and has been categored in two categories as experimental class and control class. The model has be used in this research is experiment method is two group design post-test. The instrument has used  essay test or written test is writing the poetry with give one sub topic or a problem. Based on this result has an average experiment class is 76.87 with deviation standart 9.90, but control class has an average 56 with deviation standart 8.15. based on this result is the experiment class is hgher than control class. After take the hypothesis test has  tresult = 10,33 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk =( n1+n2) – 2 = (40+40 – 2) = 78, so has significant predict 5% = 1,982 (with interpolation). So changed between  tresult  with  ttable  has the result is  tresult ttable 10,33 1,982 so can be determined  Ha has accepted is can be says the Problem Centered Learning has the effect to upgrade the poetry writing skill students than Enquiry-Discovery Learning at X class SMA PAB 3 of Medan City in 2014/1015 education period.  Keywords: Effectivity, Problem Centered Learning, Poetry Writing Skill
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN Drs. Ali ,M.M.
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.47 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.730

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran discussion starter story terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan Medan sebanyak 86 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 44 orang, 22 orang untuk kelas eksperimen dan 22 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah  72.18, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 66.54. Dari perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 3.37 pada taraf signifikan α = 5 % dari daftar distribusi t dk (N1+N2)-2 = 22+22-2 = 42. Maka diperoleh ttabel = 2.02 jadi thitungttabel = 3.37 2.02. Dengan demikian Ha diterima jika ttabelthitungttabel (2.023.372.69) maka hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Teknik Discussion Starter Story lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran menulis cerpen dengan metode Ekspositori oleh siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan .Kata Kunci : Pengaruh, Discussion Starter Story, Menulis Cerpen.Abstract. The purpose of this research is to explain the effect of discussion starter story technic learning for prose writing skill for student on 11st class 2nd  Parulian High School at Medan City. The population in this research is all student on 11st class 2nd  Parulian High School at Medan City. The sample is take to be random sampling totally class of 44 students. 22 students for experiment class and 22 students for control class. The methode has used in this research is experimental method. The instrument has be used is prose writing skill by the workfull. The average for experiment class is 72.18, but  the average of control class is 66.54. the result of  t test is has been tresult is 3.37, for significan value α = 5 % of t distribution table dk (N1+N2) -2 = 22+22-2=42. And  resulted ttable = 2.02 so tresult ttable =3.372.02. based on in this result Ha is accepted. The conclusion is the learning by Discussion Starter Story is very effective Technic than use by Expository Methode for prose writing skill  for student on 11st class 2nd  Parulian High School at Medan City on 2014/2015 learning periode.Keyword: Effectivity, Discussion Starter Story, Prose Writing Skill
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN SISWA KELAS XI SMA UISU MEDAN Nila Safina; Mrs. Rita
Jurnal Bahastra Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.894 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v2i2.1734

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa kelas XI SMA UISU Medan .  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 130 orang dengan jumlah siswa kelas XI IPA-1 adalah 35, XI IPA -2 adalah 35 orang dan XI IPA-3 adalah 30 orang, dan kelas XI IPA-4 adalah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Post-test only control group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan memberi perlakuan terhadap dua kelompok yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana yang diambil hanya hasil post-test saja.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, nilai rata-rata kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa di kelas eksperimen adalah 77,50, sedangkan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol  adalah 69,16.  Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan  uji “t”. Dari perhitungan uji “t”  to dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan dk= (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58, maka diperoleh ttabel pada taraf singnifikan 5% = 2,01. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 (3,64) yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,64 2,01. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa kelas XI SMA UISU Medan . Dengan demikian, hasil pembelajaran menulis laporan hasil pengamatan dengan model Problem Based Instruction (PBI) lebih baik dari pada model pembelajaran Problem Solving.Kata Kunci : Model Problem Based Instruction (PBI) Kemampuan                       Menulis Laporan Hasil PengamatanAbstract. This study aims to determine the effect of learning model Problem Based Instruction (PBI) on the ability to write reports observations of high school students of class XI Prayatna Medan Learning Year 2015/2016.  The study population was all students of class XI IPA which amounts to 130 the number of students of class XI-1 is 35, XI -2 is 35 and XI-3 is 30, and the class XI-4 is 30 people. The method used in this study is the experimental method Post-test only control group design is an experiment carried out by giving the treatment of two different groups between the experimental class and control class, which is taken only post-test results only. The results showed that, the average value of the ability to write reports on observations of students in the experimental class is 77.50, while the average value of students in the control class is 69.16. Thus the value of the experimental class is higher than the control class, hypothesis testing is done by using the test "t". Of test calculations "t" to consult with table at 5% by dk = (N1 + N2) -2 = (30 + 30) -2 = 58, then obtained table at level singnifikan 5% = 2.01. After consultation, it turns t0 (3.64) which is greater than that table 3.64 2.01. Because t0 obtained greater than table, it can be stated that Ho refused and Ha accepted. This proves that the learning model Problem Based Instruction (PBI) has positive influence on the ability to write reports observations of high school students of class XI  UISU Medan learning year 2018/2019. Thus, the results of learning to write reports on the results of observations with the model Problem Based Instruction (PBI) is better than Problem Solving learning model. Keywords: Effects of Problem Based Learning Model of Instruction (PBI) Writing Ability To report Observations Student Class XI SMA UISU Medan